Fungsi dan Kompomen Pada Mesin Plotter

Fungsi dan Kompomen Pada Mesin Plotter

Mesin Plotter adalah mesin cetak grafis yang memberikan output atau hasil cetakan berukuran besar.Plotter banyak digunakan untuk mencetak desain-desain seperti Arsitektur dan Engineering di atas media menggunakan pena. Mesin plotter ini berbeda dengan printer A4 biasa dan memiliki ukuran lebih besar .

FUNGSI PLOTTER

Mesin Plotter didesain khusus untuk menghasilkan cetakan berupa gambar atau grafik yang prima. Namun plotter memiliki perbedaan, yaitu pada ukuran cetakan dan kegunaannya yang lebih luas.

Dengan dihubungkan ke komputer, plotter dapat dioperasikan untuk mencetak suatu media atau bahan dengan hasil gambar yang prima. Bahan cetak dapat berupa berbagai bahan stiker, vinyl, karet, gabus, dan kulit. Plotter juga memiliki berbagai jenis, ada yang digunakan untuk mengcutting media dengan pisau khusus berdasarkan intruksi dari komputer.

KOMPONEN UTAMA DALAM MESIN PLOTTER

Komponen Utama Dalam Mesin Plotter adalah sebagai berikut :

1. PRINTHEAD

Printhead adalah komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke permukaan bahan cetak. Printhead ini dapat bekerja berdasarkan resolusi gambar. Jika resolusi gambar tinggi, hasil cetakan tentu semakin bagus.

2. CATRIDGE

Catridge adalah komponen yang berfungsi untuk menampung stok tinta. Sering diletakkan di sebelah kiri atau kanan pada bagian belakang mesin plotter.

3. MAINBOARD

Mainboard pada mesin plotter sama fungsinya dengan yang ada di komputer, yaitu mengatur dan mengendalikan semua proses supaya plotter dapat bekerja dengan optimal.

4. ROLL

Roll adalah tempat menaruh gulungan bahan atau media yang akan dicetak. Dengan adanya roll ini, produksi cetak menjadi lebih efisien, cukup menaruh bahan berbentuk gulungan di tempat ini, lalu menggunakannya hingga habis.

5. HEATER

Heater adalah semacam alat berupa kipas yang dipasangkan pada mesin supaya setelah tinta disemprotkan ke bahan menjadi lebih cepat kering.

6. CUTTER

Cutter adalah semacam alat berupa mata pisau yang tajam untuk memotong bahan yang sudah selesai dicetak. Namun pada jenis tertentu ada pula yang digunakan untuk mengcutting bahan sesuai bentuk dengan intruksi komputer.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat